BANGUNLAH JIWANYA, BANGUNLAH BADANNYA UNTUK INDONESIA RAYA
Powered By Blogger

Minggu, 01 November 2009

JABAL QOF


SUMBER KITAB : KHOIRIDATUL ‘AZAIB

WA FARIDATUL GHOROIB

Allah Azza Wazalla berfirman di dalam Al Qur’an yang mulia : ‘Qof, demi Al Qur’an yang mulia…..Pada tafsir ayat “ QOF “ terdapat enam (6) pendapat yang dikemukakan ahli tafsir. Empat diantaranya adalah :

  1. Bahwa “ Qof “ adalah gunung yang terbuat dari Zabarzad (permata hijau ). Pendapat ini dikemukakan oleh Abu Sholih diterima dari Ibnu Abbas.
  2. ‘Ikrima meriwayatkan diterima dari Ibnu Abbas ; ia berkata : Allah SWT menciptakan gunung yang bernama “ Qof “ yang meliputi alam bawah ( ‘alam al-sufla ) dan urat-uratnya berhubungan dengan Shokhroh ( batu besar ) dimana bumi terletak diatasnya, Shokhroh tersebut adalah Shokhroh yang disebutkan Luqman ‘Alaihis salam, dimana ia berkata : Wahai anakku jikalau terdapat amal seberat biji sawi di Shokhroh ataulangit dan bumi……jika Allah SWT berkehendak untuk mengguncangkan suatu desa di muka bumi, maka Allah memerintahkan gunung tersebut ( Qof ) untuk menggerakkan urat yang ada pada desa tersebut dan kemudian desa tersebutberguncang pada saat itu juga.
  3. Mujahid berkata : Qof adalah gunung yang meliputi bumi dan lautan.
  4. Diriwayatkan dari Al-Dhohhaf bahwa gunung Qof terbuat dari Zabarzad yang meliputi langit, bagaikan kemah yang dipasang.

MAKNA :

Dari semua kejadian yang terjadi dialam dunia ini kita harus yakini bahwa semua atas kehendak Allah SWT !….seperti yang banyak terjadi di negeri yang kita cintai ini…Indonesia… cobaan…atau azab !

Yang jelas kita harus melihat diri secara jujur…wahai manusia Indonesia ! kembalilah kepada-Nya, Allah Azza Wazalla..sebelum azab berikutnya ditimpakan dan itu sangatlah mudah bagi Allah SWT !

1 komentar:

  1. Play Slots Online | Casino Games | DrMCD
    Discover 강릉 출장샵 the 동해 출장샵 best online 안양 출장샵 slot games available for Free from 경상북도 출장안마 our experts. Explore slots, table 나주 출장마사지 games, and more right here at DRMCD!

    BalasHapus